Beginilah Cara Mengemudi Motor Saat Tes Uji SIM C



SIM atau Surat Izin Mengemudi ialah hal yang perlu dipunyai semua pengendara kendaraan bermotor roda dua. Tanpa ada surat ini pengendara motor dipandang belum wajar untuk berkendara di jalan raya. Bila nekat berkendara tanpa dia, surat tilang lah yang akan selekasnya menghampirimu.

Langkah mengatur SIM C benar-benar gampang, biayanyapun murah. Jadi tidak ada fakta untuk kamu untuk tidak selekasnya membuat SIM C. Jikapun ada yang sulit, paling cuma antrinya saja yang sedikit panjang serta butuh waktu lama.

Masalah paling berat mengatur SIM C sebetulnya ada di ujian teori serta prakteknya. Untuk ujian teori sich kamu dapat mencari kisi – kisi masalah yang sudah menyebar luas di internet. Pakai google untuk hal tersebut.

Yang sedikit membuat jengkel itu ialah di ujian praktik. Tidak jarang-jarang orang harus mengulang-ulang sebab tidak berhasil di ujian praktik. Saya sendiri sempat mengulang-ulang untuk ujian praktik sebab tidak berhasil di eksperimen pertama. Tetapi bila dilihat , sebetulnya triknya cukup gampang. Persiapan peserta ujiannya saja yang kurang. Oleh karena itu, kamu harus tahu bagaimanakah cara memakai sepeda motor di ujian SIM C agar langsung selamat tanpa ada mengulang-ulang.

1. Yang penting meyakini

Satu hal yang kamu harus tahu. Bila kamu sudah merasakan sangsi untuk lewat tes ini, peluangmu untuk sukses menciut jadi 20%. Semuanya dimulai dari kepercayaan gan. Kalau kamu saja sangsi – sangsi dengan kemampuanmu, siapa yang akan bantuin kamu lulus ujian sim? Calo? Sudah tidak zaman gan!

Bayar calo biasanya dapat 4x lipat dibanding kamu mengurus SIM sendiri. Dibanding dimasukin kantong calo SIM, mending duitnya kamu tabung bikin keperluanmu lainnya.

Pokoknya kamu harus meyakini kamu dapat melaluinya. Ujian praktik SIM tuch mudah brader! Masih tambah lebih sulit ujian kehidupan satu orang jomblo.

2. Tahu type halangan serta tehnik fundamen untuk melaluinya

Ada beberapa type halangan di ujian praktik SIM C. Salah satunya yakni Jalan Zig – Zag, Jalan Angka 8, Tes Reaksi Menghindar serta yang paling akhir ialah Letter U. Setiap halangan punyai trick sendiri untuk melaluinya. Yang pasti kamu harus terlatih dahulu dengan motor yang akan kamu gunakan. Meminta waktu sama polisi untuk membiasakanmu dengan motor itu. Di sejumlah tempat, memakai motor sendiri waktu ujian SIM dibolehkan.

• Zig – zag

Langkah menunggangi motor di jalan zig – zag termasuk gampang, pasalnya di jalan ini kamu cuma dituntut untuk luwes dalam lakukan manuver. Pundak serta tubuh yang luwes akan membantumu melalui halangan ini. Bukaan gas yang tidak besar dibutuhkan supaya motor masih imbang.

Bila kamu memakai motor bebek, pakai gigi 2 untuk berjalan. Jangan naikkan gigi, jangan juga diturunin. Tujuanya untuk menolong jaga konsistensi motor agar dapat melalui halangan.

Jika memakai motor matic, membuka gas perlahan-lahan serta menjaga gasnya agar konstan. Jangan begitu kencang yang penting motor dapat jalan serta imbang. Langkah menunggangi motor matic di ujian SIM semakin lebih gampang dengan penataan gas yang pas.

• Angka 8

Rute angka 8 tetap jadi momok di ujian SIM. Sejumlah besar peserta gugur di trek ini. Bila selintas kita lihat memang kelihatannya sulit. Ditambah lagi saat akan menjalaninya. Tetapi rute ini justru akan jadi benar-benar mudah bila tahu bagaimana trick untuk mengerjakannya.

Tidak hanya perlu keluwesan dalam lakukan manuver, kamu harus juga lakukan trick counter steering di trek ini. Apakah itu counter steering? Yakni dengan menempatkan dudukmu di kiri saat akan berbelok di kanan, serta duduk di samping kanan saat berbelok di kiri. Cuma cukup geser tempat duduk serta kamu semakin lebih gampang untuk melalui trek ini.

Tidak cuma cukup hanya itu, konsentrasi jadi hal yang penting untuk melalui trek ini. Menjaga visimu untuk lihat kondisi seputar, untuk meramalkan ke mana motormu akan bergerak serta meliuk. Dengan konsentrasi serta tehnik yang benar, trek ini tidak ada apakah – apanya gan.

• Reaksi Menghindar

Ini lebih gampang dibanding rute angka 8. Yang kamu kerjakan ialah konsentrasi serta tidak berkendara begitu kencang serta kerjakan pengereman kaki sambil menanti lampu menyala. Pilih rute dimana lampu dinyalakan. Serta kamu akan lulus dengan gampang.

• U turn

Rute Letter U akan gampang dilewati bila kamu bisa lewat trek zig – zag serta angka 8. Janganlah lupa kerjakan kembali counter steering pada saat kamu mulai menikung.

3. Latihan agar lebih mulus

Dari banyaknya trek di atas, sebaiknya bila kamu memulai persiapan ujian dengan latihan. Coba kamu kontrol motormu di ruang yang sedikit luas seperti lapangan di dekat perumahan sekitarmu. Kerjakan trik dan tips seperti yang telah diterangkan di atas.

Dengan berlatih kamu akan melatih diri kamu dengan halangan yang akan kamu mengmelawan. Sama dengan waktu memakai matic pertama-tama. Waktu terlatih memakai motor bebek, kita berlatih memakai motor matic dengan arah dapat mengendarainya, cakap mengendarainya, tahu langkah menunggangi motor matic di turunan atau tanjakan serta hal-hal lain tersangkut memakai matic.

4. Berdoa tidak bisa tertinggal

Hal yang tidak bisa kamu lupakan nih gan. Dalam semua pekerjaan, kamu harus berdoa agar hasilnya bagus. Begitu halnya ujian SIM. Dengan pertolongan doa, apa pun dapat berlangsung. Berhasilnya ujian SIM yang kamu lewati ini dapat juga jadi sebab doa. Karena itu kamu harus terus coba serta janganlah lupa untuk berdoa.

Post a Comment

0 Comments