Cara Simple Merawat AC Ruangan Agar Selalu Dingin





Sekarang banyak rumah yang telah memakai AC jadi alat pengontrol suhu ruang. Kadang justru di 1 rumah, ada banyak unit AC. Umumnya AC dipasang di kamar tidur serta beberapa dipasang di ruangan keluarga. Sering kita teratur menyebut layanan service AC untuk perbaikan remeh. Karena itu supaya AC bisa jaga performnya, butuh dikerjakan perawatan oleh pemilik rumah. Tetapi yang tidak kalah penting ialah langkah penggunaan AC yang benar dan baik supaya AC masih jadi pengontrol suhu ruang yang maksimal.

Berikut beberapa cara yang bisa kita kerjakan supaya AC masih awet serta berperan secara baik:

1. Setel suhu AC di atas 22 derajat celsius

Dengan menyetel suhu AC di bawah 22 derajat, ini akan membuat mesin AC kerja tambahan dengan terus-terusan serta membuatnya boros daya. Beberapa komponen AC akan diminta kerja keras setiap waktu yang selanjutnya akan membuat bertambah cepat rusak.

Butuh dimengerti jika peranan penting AC ialah pengontrol suhu ruang. Suhu ruang yang baik serta nyaman sebetulnya sekitar di suhu 25 derajat. Karena itu tak perlu menyetel AC ke suhu yang begitu dingin, ditambah lagi disetel sampai ke suhu 16–17 derajat.

2. Design ruang yang baik untuk AC

Design dari ruang dimana AC diletakkan akan memengaruhi kapasitas AC. Jumlahnya bukaan yang ada di ruang itu, contoh jendela serta ventilasi udara akan memengaruhi kerja AC. Peletakan mesin AC indoor dengan mesin outdoor yang begitu jauh punya pengaruh.

3. Letakkan mesin outdoor AC pada tempat yang pas

Peletakan mesin outdoor AC punya pengaruh pada kapasitas AC. Semestinya mesin outdoor AC di taruh dalam tempat yang tidak terserang sinar matahari dengan cara langsung, debu atau air hujan.

4. Jangan menempatkan AC kemampuan kecil di ruang penuh kaca

Bila satu ruang didominasi oleh kaca, mungkin semakin lebih baik bila mengubah pemasangan AC dengan ventilasi udara. Sebab seperti rumah kaca yang akan memerangkap panas di dalam ruang, akan susah buat AC untuk berperan maksimal di ruang kaca itu. Tetapi bila memang ingin memakai AC, lebih baik pilih AC memiliki PK-nya lumayan besar supaya kapasitas kompresor AC tidak berat waktu udara benar-benar panas.

5. Janganlah lupa matikan AC saat tidak dibutuhkan

Jika melancong atau ruang tidak dipakai, janganlah lupa untuk mematikan AC. Walau pengoperasiannya cukup gampang, sebab telah disiapkan remote control, tetapi ini justru yang sering terlewatkan.

Jika udara tidak panas, upayakan untuk mematikan seputar satu atau dua jam dalam satu hari. Jika memang perlu pakai reminder atau timer yang ada dalam sarana AC. Saat AC telah dimatikan, membuka lebar-lebar jendela serta pintu supaya berlangsung perputaran udara secara baik.

6. Kerjakan perawatan periodik tiap 3–6 bulan sekali

Supaya lebih aman, rawatlah AC dengan menyebut teknisi pembersih AC yang diakui, minimum enam bulan sekali. Perawatan ini tidak cuma untuk kesehatan keluarga, dan juga untuk pastikan AC jadi lebih panjang usia serta irit ongkos bulanan listrik. AC yang telah kotor kerjanya tidak maksimal. Bila sangatlah kotor, sering kita harus menyetel suhu sampai di bawah 22 derajat supaya berasa dingin.

AC yang kotor karena jarang-jarang dibikin bersih dapat menaruh beberapa virus serta bakteri yang dengan terus-terusan menebar ke semua ruang serta masuk ke indera penciuman orang di ruang itu. Mengakibatkan, beberapa orang yang ada di ruang dapat jadi sakit.

7. Cocokkan kemampuan PK AC dengan luas ruang

Makin luas ruang dimana AC diletakkan, bermakna akan makin luas juga luas yang butuh didinginkan. Untuk kamar kecil, umumnya diambil AC dengan kemampuan 1/2 PK atau 3/4 PK. Untuk ruang keluarga umumnya diperlukan AC 1 PK. Peletakan AC dengan PK kecil di ruang yang besar, akan membuat kapasitas AC tidak maksimal serta justru berasa tidak dingin. Pada akhirnya membuat kita menyetel suhu AC serendah mungkin supaya berasa dingin.

8. Lakukan tutup pintu di ruang yang memakai AC

Jika kita seringkali keluar masuk ruang ber-AC, yakinkan pintu tetap ditutup kembali. Atau jika kamar tidur kita mempunyai kamar mandi, yakinkan agar pintu tetap ditutup kembali. Sebab demikian ada pintu yang terbuka, udara dingin akan langsung keluar ruang, membuat AC kembali berupaya turunkan suhu di ruang. Jika pintu terus terbuka, baik ke kamar mandi atau ke ruang lain di luar kamar, ukuran ruang yang didinginkan jadi semakin besar dari semestinya. Ini akan berimbas dengan kerja kompresor yang selalu kerja jaga suhu ruang supaya sama juga dengan suhu remote.

Demikian beberapa panduan menjaga AC ruang supaya masih awet serta dingin.

Mudah-mudahan berguna

Post a Comment

0 Comments