Ingin Ventilasi Rumah Sehat? Yuk Simak Tips nya

Ketentuan Ventilasi Rumah Sehat. Teman dekat Info Kesling. Ventilasi atau biasa yang lebih diketahui dengan penghawaan ialah gerakan udara masuk ke serta keluar dalam ruang tertutup. Sedang pemahaman veentilasi udara ialah gerakan udara di rumah serta di antara ruangan dalam dengan ruangan luar. Mengenai dalam Permenkes tahun 2011 mengenai dasar penyehatan udara ruangan rumah ada arti pergerakan ventilasi. Menurut permenkes ini jika pergerakan ventilasi ialah pergerakan transisi udara lewat ventilasi permanen tidak hanya jendela serta pintu.

Memang ada cara-cara yang gampang untuk bikin ruang jadi nyaman untuk rumah di wilayah tropis seperti Negara Indonesia ini. Misalnya pemakaian Air Conditioning (AC) atau kipas angin di plafon rumah adalah jalan keluar paling cepat serta paling mudah sekarang, tapi hal tersebut adalah jalan keluar yang memerlukan ongkos listrik serta perawatan , belum terhitung permasalahan lingkungan yang muncul seperti berlangsungnya global warming (pemanasan global).

Berdasar sebagian pakar, pemicu ruang berasa panas ialah minimnya ventilasi (penghawaan) atau akibatnya karena jumlahnya ventilasi yang minim, hingga tidak berlangsung transisi udara dari dalam ruang ke luar ruang. Berikut sebagai pemicu suhu dalam ruang berasa panas.

Udara yang masuk dari satu jendela, akan langsung disalurkan atau dilanjutkan keluar oleh jendela yang ada di hadapannya, hingga akan berlangsung perubahan udara baru, demikian selanjutnya. Hingga, tanpa ada AC juga ruang masih berasa sejuk. Diluar itu hal-hal lain yang butuh kita dilihat yakni kecil besarnya ukuran jendela yang perlu sesuai ukuran ruang. Ruang yang memiliki ukuran besar telah pasti memerlukan ventilasi yang besar juga.
Bagaimana Ventilasi Rumah Yang Penuhi Ketentuan Kesehatan ?

Ventilasi yang baik dalam uangan harus penuhi kriteria, diantaranya :

1. Luas lubang ventilasi masih (permanen) minimum 5% dari luas lantai ruang serta luas lubang ventilasi insidentil yakni ventilasi yang bisa dibuka serta ditutup minimum 5% dari luas lantai, hingga luas ventilasi permanen serta isedentil ialah 10% dari luas lantai ruang.

2. Udara yang masuk ke ruang harus udara yang bersih, tidak dicemari oleh asap dari sampah. pabrik, knalpot, debu dan sebagainya.

3. Udara diupayakan mengalir dengan cross ventilation yakni dengan tempatkan lubang udara yang sama-sama bertemu di antara dua dinding ruang

Seperti yang dijabarkan dalam ketentuan ventilasi di atas. Skema ventilasi silang yakni tempatkan dua buah jendela yang sama-sama bertemu pada sebuah ruang. Ventilasi sistem ini sangat mungkin udara bisa mengalir dari dalam ke luar serta sebaliknya, tak perlu mengendapkanya terlebih dulu di ruang.

Udara yang masuk dari satu jendela, akan langsung disalurkan atau dilanjutkan keluar oleh jendela yang ada di hadapannya, hingga akan berlangsung perubahan udara baru, demikian selanjutnya. Hingga, sebetulnya tanpa ada AC juga ruang masih berasa sejuk. Lihat skema ventilasi silang pada gambar di bawah ini

Apa Faedah atau Arah Ventilasi ?

Berdasar sebagian sumber literature jika faedah atau arah ventilasi ialah

1. Hilangkan gas-gas yang tidak menyenangkan yang diakibatkan oleh keringat atau gas-gas hasil dari pengeluaran (CO2) yang diakibatkan dalam proses pernapasan
2. Hilangkan uap air yang muncul pada saat memasak, mandi dan lain-lain.
3. Hilangkan kalor yang terlalu berlebih dalam ruang
4. menolong memperoleh kenyamanan dalam ruang

Usaha Penyehatan Ruang Rumah

Minimnya ventilasi baik berbentuk jumlahnya serta luas ventilasi yang tidak sesuai kriteria kesehatan ini bisa mengakibatkan perkembangan mikroorganisme makin bertambah hingga bisa memunculkan masalah pada kesehatan manusia..

Menurut Permenkes mengenai dasar penyehatan udara ruang rumah tahun 2011. Jika usaha penyehatan udara dalam ruang rumah bisa dikerjakan dengan aplikasi penataan transisi udara, diantaranya :

1. Rumah semestinya diperlengkapi dengan ventilasi, minimum 10% dari luas lantai dengan pemakaian skema ventilasi silang/cross ventilation
2. Untuk rumah yang memakai AC (Air Condition) perawatan AC butuh dikerjakan dengan teratur sesuai buku panduan perawatan, dan harus lakukan perubahan udara yakni dengan buka jendela minimum saat pagi hari dengan teratur
3. Memakai exhaust fan
4. Mengendalikan letak ruang

Demikian penjelasan mengenai Ketentuan Ventilasi Rumah Sehat. Mudah-mudahan Berguna.

Post a Comment

0 Comments