Inilah Penyebab Aki Motor Mati, Serta Cara Memperbaiki nya

Accu (akumulator) atau yang biasa kita disebutkan Aki adalah salah satunya alat di bagian sepeda motor yang cukup penting keberadaannya. Tidak hanya untuk menaruh tenaga listrik, Aki berperan jadi suplai sistem kelistrikan pada motor. Pikirkan saja bila alat ini tekor serta itu berlangsung pada sepeda motor kecintaan anda, pasti membuat anda jengkel serta kegiatan juga jadi terusik.

Anda sudah terlatih hidupkan sepeda motor cukup dengan mendesak tombol starter disamping kanan sisi bagian batok kepala motor, sekarang anda harus harus mendesak tuas engkol yang ada disamping kanan mesin motor.

Belum juga bila motor yang anda kendarai sejenis skuter matic. Benar-benar tentu menjadi sangat menjengkelkan, sebab anda harus turunkan standard tengah lalu mengengkolnya. Begitu repotnya kan?

Hal yang mungkin dapat dilakukan waktu itu ialah menggantinya dengan aki yang baru. Tetapi yakin ataukah tidak, dengan cuma mengubah aki lama dengan yang baru, anda sebetulnya sudah tidak menangani persoalan kenapa aki motor itu tekor. Itu sama berarti seperti cuma menyembuhkan penyakit bukan mencegahnya.

Lalu, kenapa aki motor dapat tekor? apa pemicu aki tekor pada motor? Serta bagaimanakah cara menangani aki motor tekor terus? Yuk, tahu jawabannya di bawah ini.

Pemicu Aki Tekor pada Motor

Nyatanya ada banyak pemicu mengapa aki motor tekor terus. Berikut beberapa pemicu aki tekor pada motor yang harus Anda tahu.

Kurang Jaga Kebersihan Aki

Walau kelihatan remeh, nyatanya jaga kebersihan aki sama utamanya dengan kebersihan mesin. Kenapa? Sebab aki mempunyai karakter kimiawi, jadi benar-benar rawan pada proses pengkaratan serta mempunyai plak, terutamanya di bagian terminalnya. Bila ini berlangsung, motor akan susah di starter serta bersiap-siaplah menyalakan motor dengan turunkan standard tengah lalu mengengkolnya.

Pengikat Aki Lepas/Rusak

Aki jadi suplai sistem kelistrikan pada kendaraan bermotor, butuh elemen penghubung seperti kabel serta elemen pengikat dan sekrup, buat menyambungkan saluran listrik ke semua sisi motor.

Bila salah satunya elemen ini tidak sama-sama lepas atau rusak, hampir diyakinkan aki tidak berperan. Diluar itu, hal ini akan menyebabkan aki melemah serta alami kehancuran.

Kurang Memerhatikan Muatan Kemampuan Listrik

Yakin ataukah tidak, muatan kemampuan listrik pada aki motor dapat menyusut dalam tempo yang cukup singkat. Ini dapat karena disebabkan motor belum pernah dihidupkan atau tetap dalam kondisi diam untuk waktu yang lama.

Perlu untuk diketahui tiap aki memiliki muatan kemampuan listrik yang berbagai macam berdasar manfaatnya. Aki yang dipakai untuk sepeda motor umumnya mempunyai muatan kemampuan listrik 3-3.5 ampere bertegangan 12 volt.

Kiprok Memiliki masalah

Kiprok adalah satu elemen di bagian motor yang berperan untuk mengendalikan pengisian saluran listrik pada aki. Bila kiprok rusak, kurang lebih akan memengaruhi produktivitas kerja aki. Ini dapat membuat aki cepat soak.

Untuk tahu bila kiprok pada motor anda memiliki masalah atau kehancuran, dapat dideteksi dengan hidupkan mesin motor serta lampu penting, selanjutnya gas dengan kecepatan kurang lebih 4000 sampai 5000 RPM. JIka tegangan listrik kurang atau lebih dari 14 – 15 volt, karena itu hampir diyakinkan kiprok pada motor anda alami kehancuran.

Modifikasi Lampu Motor

Buat anda yang suka melakukan modifikasi motor, terutamanya di bagian lampu, harus hukumnya untuk tahu jika hal itu dapat membuat aki motor cepat sekali tekor. Ini karena disebabkan macam lampu yang dipakai untuk motor, membutuhkan saluran listrik yang lumayan besar. Dengan begitu kerja aki jadi tidak imbang. Ini dianalogikan seperti penghasilan tidak sesuai yang pengeluaran.


Nah, sesudah Anda tahu beberapa pemicu aki tekor pada motor, seterusnya kami akan menerangkan tentang langkah menangani aki motor tekor. Yuk, baca jangan pernah kelewatan.

Mengecek Kebersihan serta Muatan Listrik Aki

Tidak hanya bersihkan bodi motor, sebaiknya pada saat bertepatan anda pun bersihkan karat serta plak yang ada di terminal aki. Alat yang bisa dipakai untuk membersihkannya dapat memakai sikat gigi sisa, lap basah serta taburan vaselin.

Diluar itu, butuh sangkanya buat anda untuk mengecek muatan aki listrik. Kontrol periodik ini bisa dilakukan pada saat bertepatan saat akan lakukan service motor periodik. Bila terlewati, anda masih dapat lakukan kontrol ini dalam tempat layanan service aki berlangganan anda dengan tolong langsung pada petugasnya untuk lakukan proses ini.

Mengecek Usia Aki

Aki yang umumnya dipakai untuk sepeda motor rata-rata mempunyai waktu penggunaan seputar 1-2 tahun. Bila waktu penggunaan melewati dari prediksi itu, hampir diyakinkan aki anda telah uzur.

Kalaulah anda mengubah aki yang rusak dengan yang baru, yakinkan anda sudah mencatat detil tanggal bulan serta tahun pembeliannya. Ini untuk memudahkan lakukan perkiraan perubahan seterusnya.

Lakukan Modifikasi Yang Sesuai dengan

Menyulap atau melakukan modifikasi motor sesuai kemauan kita menjadi hal yang paling membesarkan hati. Tetapi, sebelum ke arah kesana, yang perlu diperhitungkan ialah memodifikasi yang sesuai kebutuhannya. Contohnya, Bila anda ingin memberikan tambahan lampu yang cahayanya jelas, karena itu muatan saluran listrik juga juga harus sesuai. Jadi semua harus imbang di antara yang masuk serta yang dikeluarkan.

Demikian fakta mengapa aki motor tekor terus, sebabnya serta langkah menangani aki motor tekor. Walau kelihatan simpel serta gampang, tetapi tidak ada kelirunya buat anda coba mempraktikannya.

Post a Comment

0 Comments