Inilah Tujuh Panduan Mencari Rumah Bagi Para Pemula




Tidak perduli sekecil serta sederhana apa pun, rumah tetaplah istana buat penghuninya. Tempat berlindung waktu malam, tempat sama-sama share narasi serta cinta, tempat nikmati saat ini serta membuat hari esok.

Tetapi sayang tidak semua keluarga bisa mempunyai rumah pribadinya sendiri. Banyak fakta yang memicu. Diantaranya ialah mereka tidak mempunyai cukup dana untuk beli rumah. Ditambah lagi harga rumah tiap tahun makin bertambah tinggi, serta pertumbuhannya bertambah cepat dibanding perkembangan upah.

Oleh karena itu, bila kamu telah mempunyai cukup uang untuk beli rumah, atau sebatas membayar uang muka, jangan tunda-tunda untuk ambil credit rumah. Supaya tidak tertipu, dalam artikel kesempatan ini, Hipwee ingin share bagaimana panduan pilih serta beli rumah pertama kamu. Siap dengarkan?

Jangan begitu bernafsu untuk beli rumah elegan bernilai mahal lebih dulu, sebab realistisnya, kamu serta pasangan belum dapat. Bila kamu memaksa untuk menabung serta terus menabung untuk bisa beli rumah bernilai mahal, karena itu uangmu tidak akan terkumpul. Kamu harus ingat jika harga rumah setiap tahun – serta setiap bulan — terus bertambah.

Oleh karena itu, jangan menunda untuk beli rumah demikian uangmu cukup untuk membayar DP rumah type simpel, yang kemungkinan cuma cukup untukmu, pasangan, serta satu bayi kalian. Masalah beli rumah yang semakin besar dapat dipikir kelak, bila pendapatanmu bertambah serta rumah mungilmu itu dapat kamu jual.

Walau beli rumah dari pengembang terkenal sedikit akan tambah mahal, ini sama dengan kualitas yang dijanjikan. Jangan tergiur dengan harga terjangkau serta bonus ini-itu dari beberapa pengembang. Janganlah lupa, sekarang banyak juga perusahaan pemila yang latah ikutan buka usaha perumahan sebab keuntungannya yang mengundang selera.

Dibanding mengambil efek, tidakkah lebih baik membayar pada harga yang sedikit tambah mahal, tetapi mempunyai kualitas yang tambah lebih bagus? Kamu tidak mau ‘kan belum pas setahun rumah kamu mendadak telah bocor disana-sini? Kemauan ingin hemat, justru jadi tercekik.

Tidak ada kelirunya beli rumah di wilayah tepian pada harga yang dapat dijangkau, dibanding memaksa beli apartemen elegan ditengah-tengah kota. Ingat point pertama: yang penting punyai rumah dahulu. Permasalahan saat kamu ingin geser ke tengah kota atau upgrade ke rumah yang semakin besar dapat dipikir bila potensi keuangan telah memberi dukungan.

Beli rumah saat pertama-tama rilis akan menguntungkanmu sebab harga lebih miring dibanding kelak. Rajin-rajinlah turut berkunjung ke pameran property, membaca majalah property, atau cari tahu melalui internet. Atau bila sangat mungkin, pesanlah rumah dengan inden.

Di luar sana banyak beberapa pihak yang tawarkan Credit Kepemilikan Rumah (KPR). Tetapi, kamu harus juga cermat pilih KPR mana yang sesuai kemampuanmu. Jangan pernah kamu tergiur dengan DP murah serta bunga rendah, serta sampai di bawah 10% setiap tahunnya. Yang butuh diingat ialah: tidak ada bank yang ingin rugi dengan memberikan utang yang tingkat suku bunganya makin turun per tahun. Bank pasti juga ingin mendapatkan keuntungan yang tinggi.

Jadi contoh, ada KPR yang tawarkan suku bunga credit yang kelihatan tambah murah, tetapi awalnya faksi bank serta faksi pengembang sudah lebih dulu lakukan persetujuan untuk meningkatkan harga jual rumah. Ujung-ujungnya, kamu tidak bisa beli rumah pada harga yang tambah murah.

Diluar itu jelilah pilih produk KPR. Tidak hanya KPR konvensional, ada juga KPR Syariah serta KPR Sejahtera. Skema kerjanya hampir mirip-mirip, oleh karena itu pilih KPR yang paling sesuai kebutuhanmu. Jangan pernah kamu terjerat serta menyesal di masa datang.

Lihat juga tentang keringanan langkah pembayaran, adakah hidden biaya yang perlu kamu bayar di luar harga rumah? Lebih baik perjelas semua diawalnya dibanding kamu harus memikul ongkos yang membengkak nanti. Tanyakanlah tentang beberapa surat pada pihak bank, apa surat-suratnya adalah Hak Punya, atau cuma Hak Buat Bangunan?

Beli rumah dengan tunai akan memberimu banyak keuntungan. Tidak hanya kamu dapat memperoleh potongan harga, kamu akan terlepas dari bunga KPR dan semua penambahan ongkos yang bila dihitung-hitung banyaknya cukup banyak. Tetapi sebelum putuskan untuk beli dengan tunai, yakinkan keperluan pokokmu terpenuhi terlebih dulu ya, berarti jangan jual ini itu serta pinjam sana-sini untuk dapat beli rumah dengan tunai.

Menurut salah satunya sumber:

Tanah kavling adalah beberapa bagian tanah pada sebuah lokasi yang menyengaja dikerjakan pemecahan sertifikatnya, baik oleh perseorangan atau tubuh usaha yang resmi. Datang dari sertifikat induk hasil penyatuan atau satu sertifikat induk biasa.

Mungkin kamu belum merencanakan untuk bangun rumah dalam tempo dekat. Bila memang demikian, kamu bisa beli tanah kavling di satu lokasi pemukiman atau perumahan. Tidak hanya dapat dipakai untuk bangun rumah pribadi satu hari kelak, tanah kavling dapat digunakan jadi investasi.

Tetapi sebelum putuskan beli tanah kavling, terlebih dulu kerjakan penelusuran pada banyak hal di bawah ini: Apa legalitasnya jelas? Apa luas tanah sama dengan yang tercantum pada sertifikat? Adakah keringanan akses jalan? Lantas bagaimana kondisi sekitar lingkungan? Bagaimana kurang lebih calon tetanggamu nanti? Lantas bagaimana asal mula tanah itu? Apa tanah itu sisa sawah atau sisa kuburan?

Kamu dapat memeriksa semua beberapa surat ke BPN, serta membayar notaris bila perlu. Tanyakanlah juga pada warga seputar atau ke kelurahan mengenai asal mula tanah kavling yang akan kamu beli. Kamu tidak mau ‘kan beli sebidang tanah yang dahulunya adalah sisa pemakaman? Diluar itu, telitilah : apa tanah yang kamu beli adalah tanah bebas perselisihan?

Penelusuran dengan mendalam seperti tertera di atas penting dikerjakan, supaya kamu serta semua bagian keluarga dapat tinggal dengan nyaman dan aman di dalam rumah pribadimu. Tidakkah lebih baik ribet diawalnya daripada ribet di masa datang?

Itu beberapa panduan buat kamu yang ingin beli rumah pertama. Untuk info tentang KPR serta pembiayaan rumah yang lain, kamu langsung bisa tanyakanlah ke bank-bank berkaitan atau faksi pengembang perumahan. Bila telah sukses beli rumah pertamamu, Hipwee tidak nolak kok bila dibawa untuk hadiri acara syukuran di dalam rumah baru mu.

Post a Comment

0 Comments