Kulit Bersisik? Yuk Simak 6 Penyebab nya


Siapa yang tidak mau mempunyai kulit halus serta lembut? Kebanyakan orang pasti ingin demikian. Tetapi banyak unsur tidak tersangka yang justru mengakibatkan kulit bersisik, pecah-pecah, kemerahan, serta berasa gatal yang buat tidak nyaman. Mengapa demikian?
Apa pemicu kulit bersisik?

Kulit bersisik mengisyaratkan terkelupasnya susunan kulit mati, jadi akibatnya karena rusaknya susunan luar kulit (yang memiliki kandungan kombinasi sel kulit mati serta minyak alami) hingga fleksibilitas kulit juga menyusut. Kehancuran itu mengakibatkan proses pergantian kulit berhenti. Mengakibatkan, kulit Anda bisa menjadi terkelupas serta bersisik.

Kulit bersisik bisa dikarenakan oleh paparan cahaya matahari langsung, cuaca yang begitu panas/dingin, konsumsi makanan yang tidak sehat, sampai kurang minum air putih. Tetapi kulit bersisik dapat juga dikarenakan oleh beberapa keadaan kesehatan, misalnya:

Dermatitis atopik

Dermatitis atopik adalah keadaan dimana kulit jadi kering, pecah-pecah, gatal, serta berwarna kemerahan. Dermatitis atopik adalah bentuk yang paling umum berlangsung. Dematitis sendiri adalah keadaan peradangan di kulit yang diikuti adanya kulit kering serta berwarna kemerahan, sedang kata atopik merujuk pada beberapa orang yang condong mempunyai alergi –yang umumnya berbentuk alergi pada sabun mandi, detergen, serta minyak wangi. Eksim pada tangan serta bisa mengakibatkan kulit telapak tangan serta jari Anda jadi kering, tebal, pecah-pecah, kulit berasa terbakar, serta berdarah.

Psoriasis

Bila kulit Anda ada sisik putih keperakan yang menutupi kulit tebal merah, selekasnya cek ke dokter sebab bisa Anda menanggung derita psoriasis. Psoriasis adalah penyakit peradangan kulit menahun yang berlangsung sebab sel kulit baru tumbuh bertambah cepat dari umumnya, tetapi sel kulit tua tidak berhasil mengelupas secara benar. Beberapa sel baru serta tua itu pada akhirnya berkelompok, mengakibatkan bercak tebal, gatal, serta cedera pada kulit. Penyakit ini biasanya diikuti dengan ruam memerah, kulit menebal serta mengelupas, kulit berasa kering, bersisik, gatal serta perih. Psoriasis umumnya ada pada lutut, punggung sisi bawah, siku, atau kulit kepala. Psoriasis berbentuk tidak menyebar serta sering dikarenakan oleh unsur genetik.

Dermatitis seboroik

Dermatitis seboroik ialah pemicu tersering berlangsungnya ketombe. Ini dapat disaksikan dari jumlahnya serpihan sisik keputihan di rambut serta pundak. Kadang dibarengi rasa gatal. Kulit kepala serta seputar berasa berminyak serta serpihan sisik dapat juga jatuh ke alis.

Pityriasis rosea

Pityriasis rosea adalah keadaan pada kulit badan yang berbentuk ruam, berwarna merah muda atau merah, serta berupa seperti sisa cedera atau tonjolan merah yang mirip tambalan. Umumnya, keadaan ini akan hilang dalam beberapa minggu. Penyakit ini bisa diikuti dengan munculnya bercak bersisik.

Ichthyosis vulgaris

Ichthyosis vulgaris adalah kelainan kulit bawaan dimana beberapa sel kulit mati menumpuk pada permukaan kulit hingga tampilan kulit bersisik kecil, berbentuk serpihan berwarna putih atau abu-abu, serta membuat kulit berasa kasar. Ichthyosis vulgaris bisa ada saat lahir atau pada anak umur awal, tetapi bisa lenyap seutuhnya waktu bergerak dewasa -meskipun keadaan ini dapat ada kembali.

Dermatomiositis

Dermatomiositis ialah penyakit otot langka yang sering didahului dengan munculnya ruam kemerahan serta kulit bersisik – umumnya ada di bagian kelopak mata, hidung, pipi, siku, lutut, serta buku-buku jari.

Post a Comment

0 Comments