Ingin Ban Motor Tetap Awet? Ikuti 6 Tips Ini

Ingin-Ban-Motor-Tetap-Awet?-Ikuti-6-Tips-Ini

Merawat motor tentu saja penting dilakukan agar kondisinya tetap awet dan tahan lama. Selain bagian dalam, Anda juga perlu merawat bagian luarnya, sehingga tampilannya tetap bagus dan berfungsi sebagaimana mestinya. Salah satu komponen motor yang harus dirawat, yaitu ban. Jika ban Aspira Premio Sportivo Rs dan jenis lainnya rusak, motor Anda tidak akan bisa digunakan.

Merawat ban motor tentu sama pentingnya dengan merawat bagian dalamnya. Jika dilakukan perawatan secara berkala, ban bisa awet dan tahan lama, sehingga Anda tidak perlu repot-repot mengganti ban setiap satu tahun sekali yang lumayan menguras dompet. Selain itu, merawat ban juga bisa membuat perjalanan menjadi lebih nyaman karena ban dalam kondisi yang bagus dan terawat.

Merawat Ban Motor

Lalu, kiat-kiat apa saja yang bisa Anda lakukan untuk merawat ban motor? Simak rangkumannya di bawah ini.

1. Mengisi Ban dengan Nitrogen

Agar tetap awet dan tahan lama, pastikan ban motor Anda diisi dengan nitrogen. Nitrogen mampu meredam panas pada ban, sehingga tekanan anginnya tetap ideal. Nitrogen sangat cocok digunakan sebagai angin ban karena partikel gas nitrogen lebih besar ketimbang oksigen, sehingga kebocoran bisa dengan baik diminimalisir.

2. Membersihkan Kotoran Pada Bagian Luar Motor

Kotoran tentu saja akan sangat mudah menempel pada bagian luar ban karena permukaannya selalu bersentuhan dengan jalan raya. Oleh karena itu, jangan malas untuk membersihkan batu atau kotoran-kotoran lain yang terselip pada bagian ban. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, ban bisa mengalami kerusakan bahkan hingga robek.

3. Memeriksa Tekanan Udara Ban

Tekanan udara pada ban penting untuk diperiksa secara berkala. Hal ini dikarenakan tekanan udara bisa mempengaruhi keseimbangan motor, sehingga Anda perlu memeriksakannya minimal satu minggu sekali. Motor yang seimbang tentu akan membuat berkendara menjadi lebih nyaman.

4. Tidak Memarkirkan Motor di Bawah Sinar Matahari Langsung

Perawatan lain yang bisa Anda lakukan, yaitu tidak memarkirkan motor di bawah sinar matahari langsung. Selain bisa merusak warna catnya, sinar matahari juga bisa membuat ban motor menjadi lebih keras.

Ban yang keras bisa menyebabkan material dasarnya berubah, sehingga lebih mudah retak, rusak, dan robek. Jika sudah mengalami kerusakan, mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan Ban Aspira Premio Sportivo Rs.

5. Mengganti ban Jika Sudah Tipis

Jika Anda sudah menggunakan motor selama bertahun-tahun, pastikan kondisi bannya masih dalam keadaan baik. Namun, jika ban luarnya sudah terlihat tipis, sebaiknya segera bawa ke bengkel dan ganti dengan yang baru. Hal ini juga berlaku bagi ban dalamnya. Jika ban dalam sering mengalami kebocoran, segera ganti di bengkel terdekat.

6. Menghindari Jalan yang Berlubang

Ban akan cepat rusak jika sering melewati jalan yang rusak dan berlubang. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari jalan yang berpotensi merusak ban. Anda bisa memilih jalan lain yang lebih bagus. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa tetap melalui jalan yang rusak tersebut, namun dengan kecepatan yang rendah. Selain itu, hindari juga pengereman mendadak karena bisa mengakibatkan ban semakin tipis.

Itulah enam tips merawat ban motor agar tetap awet dan tahan lama. Jika Anda membutuhkan ban motor baru yang berkualitas, ban Aspira Premio Sportivo bisa menjadi pilihannya. Anda bisa membelinya di bengkel terdekat atau melalui online shop untuk mendapatkan harga yang lebih murah. 

Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments