Ngeblog Yuk Daripada Gabut Gara-Gara Covid, Begini Cara Mencari Topik untuk Konten Blog

Ngeblog-Yuk-Daripada-Gabut-Gara-Gara-Covid,-Begini-Cara-Mencari-Topik-untuk-Konten-Blog

Tidak sedikit orang yang harus kehilangan pekerjaan akibat Covid-19. Saat pandemi seperti ini, mencari pekerjaan lagi pun susah karena tidak banyak perusahaan yang membuka lowongan. Yang ada malah banyak perusahaan yang mengurangi jumlah pegawainya. Jika Anda termasuk salah satu orang yang terkena dampak Covid-19 ini, Anda bisa mulai nge-blog dengan menggunakan hosting Indonesia Domainesia.

Membuat tulisan di blog bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengisi waktu luang di masa pandemi ini. Anda bisa menyalurkan segala keluh dan kesah melalui tulisan di blog. Anda pun bisa memonetize blog tersebut agar bisa menghasilkan uang dan menjadi sumber penghasilan Anda.

Mencari Topik untuk Konten Blog

Anda tidak perlu memiliki kemampuan menulis yang baik untuk mulai membuat blog. Yang penting ada kemauan. Selama ada kemauan untuk terus belajar, tulisan-tulisan yang Anda hasilkan akan semakin baik. Jangan ragu untuk meminta kritik dan saran kepada teman Anda terkait tulisan Anda agar semakin baik kedepannya.

Mungkin yang menjadi masalah berikutnya adalah apa yang harus Anda tulis? Sebenarnya, semua hal boleh Anda tulis di blog. Selama masih sesuai dengan norma dan tidak mengandung ujaran kebencian, Anda bisa menulis tentang apapun. Buat blog-nya terlebih dahulu dengan menggunakan hosting Indonesia Domainesia, baru kemudian pikirkan konten dari blog tersebut.

Jika Anda masih bingung dalam hal mencari topik konten untuk blog Anda, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda coba. 

1. Bergabunglah dalam suatu forum

Yang pertama, bergabunglah dalam suatu forum. Anda bisa masuk ke forum yang ada di Facebook atau media sosial lainnya yang tersedia. Dari situ, Anda bisa mencari ide topik untuk blog Anda. Misalnya Anda suka make up dan ingin membuat konten tentang hal yang sama, Anda bisa masuk ke dalam forum tersebut. Dari forum tersebut, Anda bisa mencari tahu topik yang sedang banyak didiskusikan kemudian mengolahnya menjadi konten.

Kalau sedang tidak ada topik yang didiskusikan dalam forum tersebut, Anda bisa mencari tahu pertanyaan yang cukup sering diajukan dalam forum tersebut. Jadi, ketika ada anggota forum yang bertanya mengenai suatu topik, Anda bisa membagikan link tulisan blog Anda sebagai referensi.

2. Cari pembahasan melalui media sosial

Yang kedua, cari pembahasan yang menarik di media sosial, misalnya di Quora, Reddit, atau Twitter. Quora merupakan media sosial untuk bertanya dan menjawab terkait topik tertentu. Reddit merupakan laman yang berisi komunitas. Sedangkan Twitter merupakan media sosial layaknya Facebook yang lebih real time. Selalu ada pembahasan baru dari ketiga media sosial ini. Jadi, Anda bisa bermain media sosial sekalian mencari ide untuk topik blog Anda.

Dari ketiga media sosial tersebut, Anda bisa mencari tahu topik-topik yang sedang hangat diperbincangkan. Twitter memiliki Trending Topic terkait topik-topik yang sedang banyak diperbincangkan. Quora dan Reddit sama-sama memiliki sistem vote untuk mendukung suatu topik menjadi populer. Mudah sekali, kan? Yang Anda butuhkan adalah wadah menampung konten tersebut dalam bentuk blog yang menggunakan hosting Indonesia Domainesia.

3. Terinspirasi dari blog lain juga tidak ada salahnya

Yang ketiga, Anda boleh saja terinspirasi dari blog lain. Yang penting, isi dari konten Anda tidak sama persis dengan blog yang menjadi inspirasi Anda. Anda sebaiknya mengolah kembali konten tersebut agar menjadi konten yang orisinil.

Misalnya begini, Anda terinspirasi oleh blog yang membuat tips menghentikan bruntusan. Anda boleh membuat topik yang sama. Namun usahakan Anda membahasnya dari sisi yang lain atau cara mengemas tulisannya berbeda dengan tulisan yang menjadi inspirasi Anda. Paham sampai di sini?

4. Baca banyak buku

Yang keempat, banyak membaca buku. Ini penting untuk Anda yang ingin membuat konten review buku, sinopsis, ataupun panduan tertentu. Dengan membaca banyak buku, pengetahuan yang Anda dapatkan akan semakin banyak. Anda bisa membagikan pengetahuan ini melalui konten blog Anda. Namun ingat, patuhi peraturan mengutip yang bersumber dari buku. 

Nah, itulah 4 tips mencari konten untuk blog Anda. Mudah, bukan? Jadi, daripada gabut, mulailah membuat blog menggunakan hosting Indonesia Domainesia. Lalu, isi blog tersebut dengan konten-konten menarik yang sedang hangat diperbincangkan. Dijamin, blog yang berawal dari efek gabut ini akan mendapatkan banyak pengunjung.

Post a Comment

1 Comments