Ciri Ciri Masa Subur dan Cara Memprediksinya

Ciri-Ciri-Masa-Subur-dan-Cara-Memprediksinya

Masa subur adalah salah satu hal penting bagi setiap pasangan yang sedang merencanakan program kehamilan. Namun sayangnya, masih sedikit ibu maupun pasangannya yang mengenal ciri ciri masa subur. Dengan mengetahuinya, Anda bisa memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan kehamilan.

Ciri ciri ketika sedang dalam masa subur, sebenarnya bisa dibilang cukup mudah dikenali. Nah, di sini, kami akan menjelaskan ciri-cirinya kepada Anda, lengkap dengan cara memprediksinya:

 

1.  Perubahan Pada Serviks

Pada masa subur, serviks wanita umumnya akan mengalami perubahan. Misalnya seperti terasa lembut, basah, hingga terbuka. Anda juga bisa merasakan perubahannya tersebut ketika memasukkan jari telunjuk ke dalam bagian vagina. Dengan mengeceknya, Anda bisa mengetahui apakah sedang dalam masa subur atau tidak.

 

2. Terjadinya Peningkatan Libido

Libido, atau dikenal juga dengan hasrat seksual, bisa menjadi salah satu ciri kesuburan. Umumnya, wanita yang sedang dalam masa subur akan mengalami peningkatan libido. Hal tersebut terjadi pada saat masa ovulasi.

Meski begitu, hal ini memang sangat sulit sekali jika hanya dijadikan satu-satunya tolok ukur. Karena, peningkatan libido ini, bisa juga disebabkan oleh beberapa hal lainnya. Misalnya seperti suasana hati yang sedang ceria.

 

3. Perubahan yang Terjadi Pada Suhu Basal

Suhu basal juga bisa dijadikan sebagai salah satu ciri-ciri wanita sedang subur. Biasanya, suhu paling rendah yang dialami pada satu hari, diukur ketika wanita bangun tidur.

Suhu basal tubuh pada setiap wanita, umumnya akan konsisten di awal siklus menstruasi. Akan tetapi, saat mendekati masa suburnya, atau yang disebut dengan ovulasi, suhu basal kemungkinan besar akan mengalami sedikit penurunan. Lalu, meningkat saat ovulasi.

Suhu basal ketika sebelum ovulasi umumnya berada pada kisaran 36,1 hingga 36,4 derajat celcius. Sedangkan pada masa ovulasi, biasanya sekitar 0,4-1 derajat celcius hingga 36,4 – 37 derajat celcius.

 

4. Adanya Perubahan Pada Cairan Serviks

Ada banyak perubahan yang terjadi pada serviks pada saat masa subur. Nah, salah satunya adalah perubahan pada cairan serviks. Namun, tekstur kekentalan cairan serviks untuk setiap wanita bisa saja berbeda-beda. Namun, di masa subur, cairan ini biasanya akan lebih lengket dan juga berwarna bening. Sekilas, cairan ini sangat mirip sekali dengan putih telur.

 

5. Nyeri di Bagian Payudara

Saat hamil muda, umumnya wanita akan mengalami perubahan pada bagian fisik. Salah satunya yaitu nyeri di bagian payudara. Ciri-ciri ini umumnya akan berdampak pada perubahan hormone yang terjadi di dalam tubuh kita sebelum terjadinya masa ovulasi.

 

Cara Memprediksi Masa Subur

Selain di atas, kita juga bisa memprediksi masa subur dengan beberapa langkah yang mudah. Cara memprediksinya yaitu seperti:

1. Silahkan Anda catat kapan menstruasi pertama dan terakhir dalam beberapa bulan. Jika Anda memiliki siklus yang normal dan juga teratur, maka Anda akan mengalami ovulasi sekitar 14 hari sebelum terjadinya menstruasi selanjutnya.

 

2. Anda juga bisa mengetahui kesuburan dengan sebuah alat khusus. Alat prediksi kesuburan kini sudah ada di pasaran. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kapan masa subur dengan cepat dan juga instan. Alat ini juga tergolong sangat akurat.

 

Kesimpulan

Sempurnakan program kehamilan Anda dengan mengetahui masa subur. Karena, dengan mengetahui ciri-cirinya, potensi kesuburan pun akan jauh lebih baik dan tinggi. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah mendapatkan momongan.

Demikian ulasan seputar ciri ciri masa subur dan cara memprediksinya. Melalui langkah-langkah di atas, sedikit banyaknya kini Anda bisa mengetahui kapan masa subur tiba agar potensi kehamilan menjadi lebih tinggi.

Post a Comment

0 Comments