Stress Jadi Penyebab Susah Tidur? SehatQ.com Rekomendasikan Makanan Atasi Insomnia

Stress-Jadi-Penyebab-Susah-Tidur?-SehatQ.com-Rekomendasikan-Makanan-Atasi-Insomnia

Pandemi corona mengakibatkan masalah kesehatan yang serius di berbagai belahan dunia. Bukan hanya angka kematian saja yang meningkat, risiko resesi ekonomi menjadi ancaman di seluruh negara. Jangan heran kalau orang-orang yang harus diam diri di rumah agar tidak tertular virus corona acap mengalami stress. Kelola stress harus Anda lakukan agar tidak berdampak pada masalah kesehatan fisik seperti mengalami susah tidur. SehatQ.com merekomendasikan Anda yang alami susah tidur untuk mengkonsumsi makanan berikut!

7 jenis makanan yang ampuh mengatasi masalah susah tidur

Buat Anda yang mungkin berjuang mengatasi masalah susah tidur, wajib menerapkan aturan yang ketat. Tubuh butuh jam istirahat ideal setidaknya 8 jam per hari. Jika pola tidur terganggu, maka kesehatan fisik Anda bakal terkena dampak negatif. Anda wajib mematikan ponsel jelang tidur, relaksasi tubuh dengan mandi air hangat, membuat ruangan tidur kondusif, dan lain-lain. Jangan lupa untuk mengkonsumsi jenis makanan yang bisa mengatasi masalah susah tidur.

1. Kacang almond

Kalau Anda suka ngemil pada malam hari, kenapa tidak memilih camilan yang lebih sehat? Berdasarkan Medical News Today menyebutkan bahwa kacang almond mengandung melatonin dosis tinggi yang efektif membantu Anda memiliki siklus tidur terbaik. Selain itu, mengkonsumsi kacang almond tidak akan membuat Anda gemuk sebab mengandung lemak baik dan minim kadar gula.

2. Susu hangat

Pilih susu rendah lemak untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Segelas susu hangat jelang tidur bisa membuat Anda memiliki kualitas tidur terbaik. Kalsium yang terkandung pada susu bisa membantu Anda mengelola stress dan menyeimbangkan saraf otak. Tak hanya kalsium saja, susu mengandung triptofan, vitamin D dan serotonin.

3. Kiwi

Untuk mengatasi masalah susah tidur, SehatQ.com merekomendasikan dua buah kiwi yang bisa Anda konsumsi minimal satu jam sebelum tidur. Buah kiwi mengandung melatonin, kalsium, folat, magnesium, kalium, karotenoid, flavonoid, dan anthocyanin.

4. Teh chamomile

Selain minum segelas susu, Anda bisa memilih secangkir teh chamomile hangat jelang tidur. Pada teh chamomile terdapat senyawa flavonoid yang bisa merangsang keinginan tidur, lho! Efek chamomile yang menenangkan bisa menekan stress Anda sehingga tidur lebih berkualitas.

5. Kacang kenari

Selain kacang almond, camilan sehat yang wajib Anda miliki untuk mengatasi masalah susah tidur adalah kacang kenari. Peningkatan tidur atau rasa kantuk tercipta karena kandungan melatonin, serotonin dan magnesium pada kacang kenari.

6. Buah ceri

Suka konsumsi buah ceri yang memiliki rasa unik? Anda bisa memilih buah ceri untuk meningkatkan kualitas tidur. Buah ceri mengandung serat, vitamin C, vitamin E, dan polifenol yang bisa mengatur tidur Anda. Anti inflamasi yang terkandung pada buah ceri bisa mengurangi rasa sakit dan menyeimbangkan pikiran Anda.

7. Selada

Mengkonsumsi sayuran hijau seperti selada bisa membantu insomnia Anda. Peningkatan durasi tidur, melindungi sel dari peradangan dan mengurangi stress sangat efektif meningkatkan kualitas tidur Anda.

Beberapa jenis makanan yang efektif atasi insomnia di atas bisa Anda coba konsumsi. Apabila gejala insomnia tidak berkurang, sebaiknya Anda melakukan konsultasi dan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut. Tidak perlu pergi ke klinik langsung, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter gratis lewat SehatQ.com yang kredibel.

Anda akan mendapatkan info kesehatan dari dokter ahli agar bisa mengatasi masalah insomnia. Jika perlu pemeriksaan nyata lebih lanjut, Anda bisa segera booking dokter terkait lewat aplikasi. Tak perlu antri lama sebab jadwal kunjungan bisa disesuaikan dengan keinginan Anda, lho! Sangat mudah dan fleksibel untuk Anda yang sibuk atau tidak punya waktu mengantri di klinik.

Post a Comment

0 Comments