Masuk Musim Kemarau, yuk Buat "Green Wall" dengan Tanaman Ini





Musim kemarau, umumnya udara di dalam rumah akan berasa lebih panas. Untuk mengakali ini, Anda dapat membuat green wall atau dinding tanaman jadi pelapis di bagian luar rumah. Kenapa dinding? Jawabannya, sebab dinding luar rumah adalah sisi yang terbanyak terserang panas pada musim kemarau. Menanam tanaman pada dinding dapat dibuktikan dapat kurangi suhu serta menyerap panas. Green wall dibuat dari frame yang diisi bermacam tanaman seperti lumut, rumput-rumputan, pakis, atau tanaman menjalar. Mode taman vertikal atau green wall ini terkenal sebab tidak memerlukan tempat yang luas jadi media tanamnya.

Anda perlu sediakan dinding kosong yang dapat ditempel beberapa tanaman untuk kurangi panas yang masuk ke rumah. Tertartik mencobanya? Anda dapat membuat green wall sendiri di dalam rumah dengan tiga type tanaman ini :

Lumut

Anda bisa temukan lumut di hampir semua toko tanaman. Lumut adalah salah satunya komponen yang dapat percantik taman vertikal di dalam rumah. Lalu, bikin papan gabus jadi tempat tumbuh lumut. Lekatkan papan gabus itu pada piring atau frame yang jadikan kerangka. Frame itu nanti akan ditempelkan pada dinding. Frame yang dipakai untuk tempelkan tanaman dapat dibuat berbahan apa, seperti kayu, plastik daur lagi, logam, serta beberapa bahan yang lain bergantung dari design yang diharapkan.

Beberapa frame dibuat dari papan serta ditempeli busa supaya tanaman dapat melekat. Sesaat, media yang lain dibuat dari baki yang dibikin seluas mungkin untuk memuat tanah atau media tanam lain supaya tanaman bisa tumbuh dengan prima. Tetapi, butuh dilihat saat Anda tempelkan frame papan lumut itu pada dinding, pakai paku payung atau mungkin dengan sedikit lem. Gunakan lem spesial yang biasa dipakai untuk tanaman, supaya tidak mengakibatkan kerusakan tanaman.


Tanaman udara (Air Plant)

Tillandsia adalah keluarga Bromelia yang mempunyai seputar 540 spesies tanaman. Tanaman type ini seringkali disebutkan dengan air plant atau tanaman udara dapat ambil nutrisi dari udara di sekelilingnya. Perawatannya yang cukup gampang membuat Tillandsia ini jadi salah satunya diva jadi tanaman hias.

Sebagian besar tanaman type ini seringkali diketemukan di Amerika Selatan, Amerika tengah, banyak wilayah di Meksiko, serta wilayah tepian Amerika Serikat. Tillandsia adalah tanaman yang berkembang lumayan baik di wilayah gurun, rimba, serta pegunungan serta memerlukan sedikit air untuk tumbuh. Langkah menumbuhkannya benar-benar gampang, sama dengan dengan menumbuhkan lumut pada green wall. Pertama, Anda mungkin butuh sediakan frame kayu jadi penyangga. Selanjutnya, imbuhkan kawat jala (chicken wire) ke frame. Seterusnya, Anda tinggal menjepitkan tanaman itu ke frame atau menalinya. Gampang kan? Tanaman ini tidak membutuhkan perawatan spesial. Anda tinggal merendamnya semingu sekali sepanjang satu jam.

Tanaman ini memerlukan sinar yang cukup, jadi yakinkan tempat green wall di dalam rumah menghadap ke cahaya matahari langsung. Buah serta sayuran Tanaman buah serta sayuran seperti strobery, chives (tanaman yang mirip daun bawang), thyme (rempah Mesir), dan lain-lain. Sebagian besar tanaman sayur bisa dipakai jadi tumbuhan pada green wall, serta wortel serta kentang sekalinya. Tetapi, sayur yang terbaik dipakai untuk green wall ialah tanaman yang ditumbuhkan untuk dikonsumsi daunnya seperti bayam, kubis, serta daun selada. Bila Anda merencanakan untuk memakai sayuran ini, yakinkan tempat tumbuh tanaman terserang cahaya matahari yang cukup serta terlindung dari angin.

Janganlah lupa untuk menanam tanaman ini dalam kotak atau kantung tanah yang memiliki kandungan kompos serta lumut sphagum. Anda dapat juga memakai perlite atau media tanam organik yang tentu saja lebih mudah untuk digantungkan pada dinding.

Post a Comment

0 Comments